KEGIATAN PENGUMPULAN DAN INPUT DATA PEMETAAN MUTU SATUAN PAUD DAN DIKMAS SUMATERA UTARA TAHUN 2018 DI KOTA SIANTAR

KEGIATAN PENGUMPULAN DAN INPUT DATA PEMETAAN MUTU SATUAN PAUD DAN DIKMAS SUMATERA UTARA TAHUN 2018 DI KOTA SIANTAR

Peningkatan mutu pendidikan merupakan sebuah komitmen Pemerintah Republik Indonesia yang diterapkan melalui berbagai peraturan perundangan terkait sistem pendidikan nasional. Agenda ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara dalam rangka untuk memperoleh potret mutu lembaga/satuan PAUD dan Dikmas di Provinsi Sumatera Utara. Pemetaan mutu bermanfaat untuk memotret mutu tiap-tiap lembaga/satuan PAUD dan Dikmas; menjadi dasar pelaksanaan perbaikan tiap-tiap lembaga/satuan PAUD dan Dikmas; menjadi dasar pelaksanaan pembinaan, pembimbingan, pendampingan, dan fasilitasi bagi tiap-tiap lembaga/satuan PAUD dan Dikmas serta menjadi dasar dalam membangun komitmen untuk mencapai lembaga/satuan PAUD dan Dikmas yang terakreditasi.

Salah satu tahapan pemetaan mutu yang dilaksanakan oleh BPPAUD dan Dikmas Sumatera Utara yaitu kegiatan pengumpulan dan input data pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas di wilayah provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan instrumen pemetaan mutu yang disimpan oleh petugas pemetaan mutu dan telah diisi oleh sasaran pemetaan mutu dan membantu petugas pemetaan mutu jika mengalami kesulitan dalam melakukan input data pemetaan mutu ke dalam aplikasi pemetaan mutu.

Salah satu wilayah sebagai tempat kegiatan pengumpulan dan input data pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas yaitu di Kota Siantar, yang dilaksanakan tanggal 14 s.d. 16 Mei 2018 di Dinas Pendidikan Kota Siantar.

Adapun yang menjadi sasaran pemetaan mutu di Kota Siantar berjumlah 20 lembaga/satuan PAUD dan Dikmas yang terdiri atas 15 PAUD dan 5 LKP dengan kriteria memiliki NPSN; belum terakreditasi atau tidak dalam proses akreditasi (tahun berjalan) dan belum pernah dilakukan proses pemetaan mutu maupun supervisi.

Petugas dari BPPAUD dan Dikmas Sumatera Utara yakni Dewi Gustini, S.Si. dan Aprilda, M.AP. pada tanggal 14 Mei 2018 berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Siantar dan bertemu dengan Kepala Bidang PNF, Bapak Meisahri Uga, S.Pd., M.M. Beliau menyarankan agar petugas lapangan pemetaan mutu yang berasal dari Dinas Pendidikan yakni Ibu Muliana R. Purba, S.Pd. dan Bapak Parlindungan Simatupang, S.H. mengundang seluruh sasaran pemetaan mutu untuk hadir di ruang kerja bidang PNF tersebut. Selanjutnya petugas berbincang dengan petugas lapangan pemetaan mutu mengenai instrumen pemetaan mutu 20 satuan PAUD dan Dikmas apakah sudah siap untuk dikumpulkan. Ternyata, instrumen manual tersebut belum diisi melainkan sasaran pemetaan mutu langsung mengisi instrumen online di aplikasi pemetaan mutu, sehingga petugas menyarankan agar keesokan hari saat sasaran berkumpul di ruang kerja PNF Dinas Pendidikan Kota Siantar, sasaran pemetaan mutu mengisi instrumen manual. Selain itu, petugas juga memeriksa jumlah satuan PAUD dan Dikmas yang telah mengisi instrumen online, ternyata dari 20 sasaran, baru 7 lembaga yang sudah mengisi. Keesokan harinya, para pengelola satuan PAUD dan Dikmas berkumpul di ruang kerja PNF untuk mengisi instrumen manual dan online bagi yang belum mengisi. Petugas turut membimbing satuan PAUD dan Dikmas dalam pengisian instrumen online. Selanjutnya petugas memeriksa hasil pemetaan mutu yang telah diverifikasi oleh petugas lapangan pemetaan mutu. Di hari terakhir kegiatan, petugas membawa seluruh instrumen manual dan hasil pemetaan mutu serta kembali ke BPPAUD dan Dikmas Sumatera Utara dan menyerahkannya kepada tim pemetaan mutu BPPAUD dan Dikmas Sumatera Utara untuk dianalisis. Setelah data pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas dianalisis, maka selanjutnya akan dilakukan supervisi berdasarkan hasil pemetaan mutu tersebut.