Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 16 Tahum 2007 tentang Standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru dikatakan bahwa kompentensi yang diperlukan oleh guru terbagi atas empat kategori, yaitu: Kompetensi Pedagogik (akademik), Kompetens Kepribadian, Kompetensi Sosial (kemasyarakatan), dan Kompetensi Profesional. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan usaha mengupayakan dan mengembangkan seluruh potensi kemampuan anak sejak lahir sampai berusia 6 tahun yang pada akhirnya merupakan fondasi awal untuk mengembangkan bangsa, maka dari itu dibutuhkan tenaga pendidik yang mampu mengembangkan seluruh potensi anak usia dini tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, Tempat Uji Kompetensi Pendidik PAUD BP PAUD Dan Dikmas Sumatera Utara bekerjasama dengan LSK Pendidik PAUD melaksanakan Uji Kompetensi Pendidik PAUD sebanyak 45 orang Pendidik PAUD berasal dari Kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan tanggal 18 s.d 20 Januari 2019. Pendidik PAUD yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Deli Serdang.

Penguji dari LSK Pendidik PAUD pada kegiatan ini adalah Sdr. Pelitawati Karosekali , M.Psi dan Sdr. Devi Risma, S.Psi, M.Si. Sedangkan petugas Monitoring dan Evaluasi dari LSK Pendidik PAUD adalah Sdr. Eli Tohonan Tua Pane, M.Pd.

Kegiatan Uji Kompetensi Pendidik PAUD ini dibuka oleh Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara yang diwakili oleh Kasi Pengembangan Sumber Daya, Bapak Irwan Telaumbanua, M.Pd. Dalam kesempatan ini Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara menghimbau agar peserta dapat bersyukur menjadi penerima beasiswa karena dapat meningkatkan atau memperoleh sertifikat kompetensi dengan bantuan pemerintah. Dalam kesempatan ini juga disampaikan bahwa BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara akan berusaha untuk mendapatkan lebih banyak bantuan beasiswa untuk Pendidik PAUD di Provinsi Sumatera Utara. Dari kegiatan ini juga diharapkan Guru PAUD dapat menghantarkan anak didiknya ke arah kehidupan dan masa depan yang lebih baik karena masa depan orang dewasa saat ini ditentukan cara guru mengajar saat ini. Kepala BP-PAUD dan Dikmas juga mengharapkan guru-guru PAUD dapat merancang pembelajaran pada PAUD-nya berdasarkan empat dasar cara belajar sepanjang hidup seseorang, yang dikenal dengan pilar pendidikan yaitu: (1) Belajar untuk tahu (Learning to know), (2) Belajar untuk melakukan (Learning to do), (3) Belajar hidup bersama (learning to live together). (4) Belajar menjadi diri sendiri(learning to be).

Bagikan Sekarang