Orientasi Teknis Model Konseptual Pendidikan Sosial dan Finansial Melalui Program Martabe di Satuan PAUD

Orientasi Teknis Model Konseptual Pendidikan Sosial dan Finansial Melalui Program Martabe di Satuan PAUD

Oleh Dr. Hj.Ulfa Maria, M.Pd

Pada tanggal 31 Juli 2019, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Orientasi Teknis Model Konseptual Pendidikan Sosial dan Finansial Melalui Program Martabe di Satuan PAUD. Kegiatan ini dilaksanakan di TK IT Al Ihya Batubara.

Model Pendidikan Sosial dan Finansial  melalui program Martabe dikembangkan oleh tim pengembang Mefrida Harahap, M.Pd, Yusminta Siregar, ST dan Prima Dewi Gratia, M.Pd. Model Pendidikan Sosial dan Finansial  melalui program Martabe adalah pendidikan sosial dan finansial bagi anak usia dini dengan menggunakan kearifan lokal dengan nilai-nilai gotong royong, berbagi, dan menabung dengan melibatkan semua unsur yang ada di sekolah seperti guru, anak, dan orang tua.

Tujuan pengembangan model pendidikan sosial dan finansial melalui program Martabe  di satuan PAUD adalah meningkatkan kemampuan pendidik dalam memahami dan menerapkan model pendidikan sosial dan finansial melalui program Martabe  di satuan PAUD, meningkatkan kemampuan anak dalam pendidikan sosial dan finansial melalui program Martabe dan meningkatkan kemampuan orang tua dalam memahami dan menerapkan pendidikan sosial dan finansial  anak melalui program Martabe. Karakteristik model pendidikan sosial dan finansial melalui program Martabe di satuan PAUD memiliki karakteristik model yaitu konsep martabe (menabung, terampil dan berbagi), pelibatan orangtua, terdapat kunjungan ke pasar, panti asuhan dan bank, adanya puncak tema dan bazaar.