Orientasi Pendampingan Pendidikan Keluarga Di Kota Padangsidempuan

Orientasi Pendampingan Pendidikan Keluarga Di Kota Padangsidempuan

Oleh: Yuliana, S.Pd

Komitmen dalam penerapan konsep kemitraan dalam pendidikan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak di satuan Pendidikan. Peran orang tua peserta didik dalam proses pendidikan anak berpengaruh sangat besar terhadap pencapaian tujuan pendidikan. Hal tersebut membuktikan bahwa penyelenggaraan pendidikan seharusnya mengedepankan prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi pada konsep tri sentra pendidikan. Namun pendidikan bukanlah semata-mata menjadi tanggung jawab pendidik dan tenaga kependidikan saja, peran masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan pendidikan.

Untuk mendukung program kemitraan antara keluarga, sekolah dan masyarakat, BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Padangidempuan melaksanakan Orientasi Pendampingan Pendidikan Keluarga di Kota Padangsidimpuan.

Tujuan kegiatan ini  untuk memfasilitasi terbangunnya pemahaman dan kemampuan pelaku pendidikan dalam merencanakan dan menerapkan program pendidikan keluarga di satuan pendidikan dengan mengedepankan pola kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat untuk mendorong pengembangan karakter dan budaya prestasi anak. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Mutiara Kota Padang Sidempuan selama 4 hari, dari tanggal 25 s.d 28 Februari 2020. Peserta kegiatan berjumlah 42 orang yang berasal dari unsur Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah SMP, Kepala TK, kepala SPNF SKB, Penilik, Dinas Pendidikan,  Pengelola PKBM, dan Pengelola LKP.  

<