Pada tanggal 29 April 2020, BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara kembali melanjutkan Workshop Daring Pembelajaran Abad 21. Pada kesempatan ini materi yang dibahas adalah Bermain dengan Loose Parts. Dunia anak usia dini adalah bermain, melalui bermain mereka belajar. Bermain adalah kesibukan yang dipilih sendiri oleh anak sebagai bagian dari usaha mencoba-coba dan melatih diri, dan dilakukan dengan senang, tanpa paksaan.
Saat bermain anak usia dini dapat menggunakan ataupun memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar anak yang bersifat open ended materials. Benda – benda tersebut disebut dengan Loose Parts. Materi ini disampaikan oleh Narasumber Workshop, yaitu Mefrida Harahap, M.Pd (Pamong Belajar BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara) melalui Zoom Meeting yang di hadiri 52 orang peserta dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara.
Loose parts adalah benda-benda yang lepas tidak saling berhubungan yang dapat dibawa, dipindahkan, dikombinasikan, di rancang ulang, di sejajarkan, di ambil, di satukan lagi dengan berbagai cara. Loose Part dapat digunakan sendiri atau di kombinasikan dengan bahan lainnya dan loosepart dapat bersumber dari alam dan juga sintesis. Ada tujuh komponen Loose parts yaitu bahan alam, logam, Kayu & bambu Benang dan kain Kaca dan keramik Plastik Bekas kemasan.
Value atau nilai dari bermain dengan mataerial Loose parts dapat mendorong anak belajar aktif, memperdalam pemikiran kritis, mendorong anak berpikir berbeda dan berpikir creative dan mendukung perkembangan anak secara fisik, sosial emosional, cognitive, bahasa dan seni. Value dari loose parts ini sesuai dengan Pembelajaran Abad 21 yang menuntut anak- anak untuk lebih kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikasi.
Akhir dari materi ini diharapkan para peserta dapat melakukan pembelajaran melalui Bermain dengan Loose Parts agar anak dapat mengeksplor seperti apa benda itu, anak–anak dapat terlibat dalam bermain bermain konstruktif ketika mereka membuat sesuatu yang baru menggunakan objek permainan yang sudah ada, dan anak dapat bermain dengan benda untuk menghadirkan konsep yang dimiliki.