Penilaian terhadap perkembangan belajar bagi anak usia dini merupakan salah satu kewajiban dan tugas yang dilakukan oleh guru. Untuk melaksanakan tugas tersebut guru harus memiliki kompetensi tersebut. Penilaian perkembangan anak usia dini pada abad 21 adalah materi yang disampaikan oleh narasumber Julita D Panggabean, S.Pd, M.Psi (tenaga fungsional pamong belajar) dalam Workshop Daring Pembelajaran Abad 21, yang dilaksanakan oleh BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara pada Rabu 02 Mei 2020 melalui zoom meeting.
Identifikasi penilaian pembelajaran abad 21 yang paling pokok dimiliki anak yaitu : kreativitas, kritis, komunikasi, dan kerjasama (creativity, critical thinking, communication, collaboration. Penilaian untuk anak usia paling tepat dilakukan dengan mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak dari waktu ke waktu, sehingga kemajuan perkembangan dapat dilihat sesuai dengan peristiwa yang terjadi dengan mengamati hal apa saja yang anak tahu, apa saja yang anak bisa, dana apa saja yang menjadi sikap dan kebiasaan anak. Berbagai informasi tentang kemajuan anak merupakan hasil belajar yang perlu disampaikan kepada orangtua/wali anak.
Manfaat Penilaian bagi anak, yakni: Memelihara pertumbuhan anak untuk sehat dan terjaga terus, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapat dukungan sesuai dengan kebutuhan dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangannya.
Manfaat Penilaian bagi guru, yakni: mengetahui pertumbuhan anak, mengetahui perkembangan Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial emosional dan Seni, mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh-kembang anak, mengetahui kesesuaian stimulus dalam layanan dengan kebutuhan perkembangan anak , dapat memberikan dukungan yang tepat kepada anak, memiliki data dan informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran.
Manfaat Penilaian bagi orangtua/wali yakni: memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan dan minat anak di satuan PAUD, memudahkan orangtua dalam memberikan stimulus yang sesuai dan berkelanjutan di rumah, membuat keputusan bersama antar orangtua dengan pihak layanan PAUD dalam memberikan dukungan dalam memenuhi kebutuhan anak.
Yang diperhatikan pada prosedur penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini:
1) Apa yang diamati? Untuk mendapat data pertumbuhan dan perkembangan anak, guru dapat mengamati:
a) Kata-kata yang diucapkan anak (pertanyaan, pernyataan, menyanggah, menghibur
b) Prilaku yang ditunjukkan oleh anak (menolong teman, menumpuk balok, menggunakan ranting untuk membuat goresan, mengajak teman berbicara, dll),
c) Ekspresi wajah (marah, sedih, kecewa, senang, cemberut, dll),
d) Bahasa tubuh anak (menendang, menghentak, memeluk, menepuk-nepuk pundak temannya, dll
e) Hasil karya anak (coretan, hasil menggunting, kolase, roncean, lukisan, gambar, dengan menggunakan bahan-bahan bahan alam, logam, kayu dan bambu, benang dan kain, kaca dan keramik, plastik dan sedotan, serta bahan bekas kemasan (loose part)).
2) Kapan dilakukan pengamatan? Pengamatan dilakukan mulai kedatangan anak hingga sampai pada kepulangan/kembalinya anak kepada orangtua. Pada saat akan melakukaan penilaian terlebih dahulu guru mengidentifikasi Kompetensi Dasar (KD) serta indikator capaian perkembangan (ICP) yang akan diamati pada anak,
3) Bagaimana cara melakukan pengamatan? Pengamatan dilakukan dengan cara melihat apa yang dilakukan anak, memperhatikan, dan mendengarkan celotehan anak. Pada saat melakukan pengamatan guru harus selalu siap dengan alat rekam misalnya alat tulis, handphone, dan camera. Guna mendokumentasikan kegiatan anak dan dapat mengidentifikasi ICP anak yang akan dinilai.
Instrumen yang digunakan pada pengamatan anak yakni : 1. Catatan Anekdot, 2. Skala capaian perkembangan/Ceklis, dan 3) Hasil Karya. Data Ketiga instrumen tersebut dikompilasi setiap bulannya hingga sampai bulan diakhir semester pembelajaran. Setelah guru memiliki gambaran hasil capaian perkembangan anak selama satu semester maka dapat dituliskan Laporan Perkembangan Anak (LPA) yang akan disampaikan pada orangtua.
Laporan kepada orangtua berbentuk narasi, berisi format tentang pencapai pertumbuhan dan perkembangan anak yang merupakan hasil belajar selama satu periode tertentu di satuan PAUD.