Layanan Sarana dan Prasarana BP-PAUD Dan Dikmas Sumatera Utara

Layanan Sarana dan Prasarana BP-PAUD Dan Dikmas Sumatera Utara

Ditulis oleh: Aprilda, S.Pd., M.AP

Kalau kita membicarakan sarana dapat dikatakan bahwa sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan prasarana segala sesuatu yang merupakan penunjang  utama terselenggaranya suatu proyek,usaha. Atau dapat dikatakan prasarana  adalah segala sesuatu yang menunjang secara langsung atau tidak langsung segala jenis sarana.

BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki sarana dan prasarana, dimana tujuan sarana dan prasarana tersebut dapat dijadikan sebgai alat untuk pencapaian tujuan organisasi/instansi serta  diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada satuan pendidikan, lembaga /instansi ,mitra kerja dan masyarakat.

Sarana yang tersedia di BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara meliputi terdiri dari meubiler, mesin kantor, audio visual, alat komunikasi, peralatan dapur asrama dan kendaraan bermotor, serta alat olahraga. Prasarana yang tersedia meliputi bangunan perkantoran, aula, asrama, ruang rapat, ruang makan/ dapur, lapangan olahraga, ruang multimedia informasi, ruang koperasi, ruang perpustakaan, kantin,   PAUD Kenanga, Layanan akses internet, musholla, ruang galeri,,  ruang ULT dan café baca.

Penggunaan pemanfaatan sarana dan prasarana yang terdiri dari aula, asrama, ruang makan, lapangan  olahraga, kantin, Tempat Penitipan Anak (TPA) dikenakan tarif PNBP yang diatur oleh Menteri Keuangan RI tgl 13 Maret 2019 No. S-12/MK.6/WKN.02/2019 dan No. S-18/MK.6/WKN.02/KNL.01/2019 tgl 01 Maret 2019 melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Seluruh penggunaan Barang Milik Negara (BMN), hasil pemakaiannya  disetorkan ke Kas Negara dan menjadi pemasukan Negara.

Untuk pemanfaatan sarana aula, asrama dan lainnya serta tarif yang dikenakan  dapat diakses melalui Website BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara  https://bbgpsumut.kemdikbud.go.id. Tahun 2020 untuk layanan fasilitasi gedung dan asrama sudah dibuat aplikasinya oleh BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara melalui laman: https://bbgpsumut.kemdikbud.go.id/asrama. Setelah kita buka laman  tersebut maka akan tampak tampilan pada aplikasi tersebut:

Cara Tamu Mendaftar

  1. Dari Hone klik menu dibagian atas kanan
  2. Pilih Menu daftar Tamu
  3. Isi Form Isian Pendaftaran
  4. Setelah terdaftar anda akan langsung otomatis login ke dalam aplikasi

Cara Booking Kamar /Aula

  1. Tamu login melalui halaman login
  2. Masukkan nomor Handphone dan Password
  3. Setelah login, klik Menu : Booking Kamar/Aula
  4. Tentukan Tanggal Chekin dan tanggal Chekout
  5. SIstem akan cek kamar /aula yang tersedia di range tanggal yang telah ditentukan
  6. Klik tombol Booking , kemudian akan dikonfirmasi perihal Booking Kamar/aula yang tamu lakukan
  7. Kemudian klik tombol Booking sekarang dan tamu  akan diberikan kode booking  dan jumlah biaya yang harus dibayarkan
  8. Tamu dapat melihat data booking  melalui Menu Data Booking