Ditulis oleh : Junika Hotmaida Sinaga, SKM., M.Pd
Kegiatan monitoring model konseptual merupakan tahapan kegiatan yang dilakukan untuk melihat bagaimana pelaksanaan kegiatan uji coba model konseptual di lapangan. Petugas monitoring mencatat temuan lapangan baik berupa kegiatan-kegiatan ataupun permasalahan yang dihadapi dan administrasi terkait uji coba model. Hasil kegiatan monitoring digunakan sebagai dasar untuk melakukan pembimbingan oleh tim pengembang kepada pengelola dan koordinator di lokasi uji coba.
Pengembangan Model PAUD bidang peserta didik ada 7 (tujuh) model yaitu (1) Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 tahun yang diujicobakan di TK. Yaspi Kabupaten Toba Samosir monitoring dilakukan pada tanggal 11 September 2020, (2) Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Menumbuh Kembangkan Karakter Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini yang diujicobakan di PAUD Terpadu Star Kids Kabanjahe Kabupaten Karo monitoring dilakukan pada tanggal 9 September 2020, (3) Literasi Baca dan Tulis Bagi Anak Usia 5-6 tahun di Satuan PAUD yang diujicobakan di TK IT. Darul Abror Kabupaten Batubara monitoring dilakukan pada tanggal 10 s.d 11 September 2020, (4) Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak yang diujicobakan di TK Sisalana Kabupaten Simalungun monitoring dilakukan pada tanggal 10 s.d 11 September 2020, (5) Pembelajaran Tematik Kemaritiman bagi Anak Usia 5-6 tahun melalui Buku Anak Digital (Buntal) yang diujicobakan di PAUD Jannatul Firdaus Kabupaten Langkat monitoring dilakukan pada tanggal 8 September 2020, (6) Pembelajaran Melalui Papan Edukasi dalam Mengembangkan Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan melalui Budaya Melayu yang diujicobakan di PAUD Permata Bunda Kabupaten Asahan monitoring dilakukan pada tanggal 8 s.d 9 September 2020, (7) Penumbuhan Sadar Lingkungan bagi Anak Usia Dini melalui pemanfaatan APE Loose Parts yang diujicobakan di TK. Nazaret Kota Pematang Siantar monitoring dilakukan pada tanggal 10 s.d 11 September 2020.
Petugas monitoring adalah pihak manajemen BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara, Kepala, Kasubbag Tata Usaha, Pejabat Pembuat Komitmen, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Pengeluaran Pembantu, dan Staf yang memfasilitasi tahapan pengembangan model. Instrumen monitoring yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dalam penyelenggaraan program pembelajaran mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan terkait model yang dikembangkan. Petugas monitoring melihat langsung bagaimana pelaksanaan kegiatan uji coba dan melihat kelengkapan administrasi/dokumen pendukung dalam pelaksanaan kegiatan uji coba seperti daftar hadir, kurikulum/bahan ajar yang digunakan, catatan perkembangan pelaksanaan uji coba, sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan, dan lain-lain sesuai substansi model yang dikembangkan.
Hasil yang diharapkan dari monitoring ini adalah adanya perbaikan terhadap temuan/permasalahan pelaksanaan uji coba di lapangan. Permasalahan yang ada dilapangan dicarikan solusi pemecahan masalahnya, kemudian digunakan sebagai dasar untuk merevisi konsep model yang telah disusun. Hasil revisi model ini nantinya akan didiskusikan lagi pada kegiatan diskusi terpumpun Revisi Model Konseptual dengan Tim Akademisi, Praktisi, dan Penyelenggara model di lapangan. Model yang telah direvisi dari pelaksanaan kegiatan tersebut kemudian akan diujicobakan lagi secara operasional di 3 (tiga) lembaga dengan wilayah atau daerah yang berbeda dari wilayah uji coba konseptual.