Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAUD Belajar di Rumah

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAUD Belajar di Rumah

Ditulis oleh: Julita D Panggabean, S.Pd, M.Psi

Unit Layanan Terpadu atau disingkat dengan ULT melaksanakan Kegiatan layanan melalui Daring pada hari Kamis, 17 September 2020, yang mengangkat tema “Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAUD Belajar di Rumah” yang dibawakan oleh Narasumber Julita Panggabean, S.Pd, M.Psi (Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara). Peserta yang mengikuti daring ULT tema penyusunan RPP sebanyak 150 peserta/partisipan dari wilayah kerja BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara.

Dalam ULT Daring ini dibahas mengenai Rencana Penyusunan RPP di satuan PAUD selama BDR dengan sangat lengkap disertai contoh dan video kegiatan PAUD yang dapat dilakukan selama masa BDR. Dalam kegiatan ini juga dijelaskan langkah-langkah menyusun RPP beserta contohnya.

Apa Yang Dimaksud Perencanaan?

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang mendukung anak dalam proses belajar. Di dalam RPP berisi langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh guru agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun harus mengacu kepada karakteristik seperti usia, kemampuan dan kebutuhan setiap anak. Yang perlu dipahami bersama dalam penyusunan RPP BDR adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang mendukung perkembangan anak dalam proses belajar.

  1. Siapa yang menyusun RPP? Guru yang bertanggung jawab pada  setiap rombongan belajar (rombel) atau guru yang ditunjuk menjadi wali kelas pada kelompok usia tertentu
  2. Mengapa guru perlu menyusun perencanaan? Karena dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Rencana yang disusun oleh guru juga dapat memandu orangtua dalam menyiapkan dan mendampingi anaknya selama beraktivitas di rumah.
  3. Kapan guru perlu menyusun perencanaan? Perencanaan wajib disusun guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perencanaan untuk satu semester dapat disusun di awal tahun pelajaran bersama tim guru di sekolah
  4. Perencanaan apa saja yang disusun oleh Guru? 1. Program semester (Prosem)  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) 3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
  5. Apa yang harus diperhatikan oleh Guru sebelum menyusun RPP?
  6. Memahami STTPA pada Permendikbud 137 tahun 2014
  7. Memahami KI dan KD pada Permendikbud 146 tahun 2014
  8. Menetapkan materi pembelajaran sebagai muatan untuk pengayaan pengalaman belajar anak. Materi pembelajaran dapat dilihat di dalam dokumen KTSP Satuan PAUD, pada Dokumen I.

Penyusunan Prosem, RPPM, dan RPPH bagi guru-guru PAUD tujuannya adalah untuk memudahkan guru dalam menyusun pembelajaran selama Belajar dari Rumah agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan teratur serta menyenangkan anak.

Berikut contoh pemberitahuan kegiatan pembelajaran di rumah:

Ayah/Bunda,

Minggu ini tema bermain kita bersama ananda tercinta di rumah adalah “rumahku, taman bermainku”. Melalui tema dan kegiatan main yang dapat dipilih di bawah ini, tujuan yang ingin kita capai adalah: Ananda berkembang pada 6 aspek perkembangan, yaitu: (1) mencintai dan merawat ciptaan Tuhan, (2) menguatkan dan melatihkoordinasi mata dan tangan, (3) mengenalkan pola dan bilangan, (4) anak dapat menceritakan kembali kegiatan yang sudah dilakukannya, (5) membiasakan berani dalam mengungkapkan pendapat, serta (6) mengekspresikan seni musik dan kriya.

Kegiatan yang dapat dipilih minggu ini adalah:

  1. Aku bisa menanam bunga
  2. Yuk, kelompokkan daun-daun yang ada di halaman
  3. Membersihkan kebun bersama ayah bunda (Alternatif : Mari membersihkan rumah)
  4. Hitunglah bunga-bunga yang mekar (Alternatif : Mari mengamati tanaman di halaman rumah)
  5. Aku bisa membuat alat musik dan bernyanyi dari benda-benda di halaman rumahku
  6. Yuk membuat bunga dengan menggunakan batubatu di halaman.
  7. Asyiknya melipat dan mengelompokkan pakaian.
  8. Lihat, lukisan rumahku ( Alternatif: Lihatlah ruangan yang ada di rumahku)
  9. Membuat es krim bersama bunda (Apakah ini tidak sulit dilakukan?)
  10. Aku dapat membuat yang kusuka dari kardus-kardus bekas
  11. Ayo, kita merapikan tempat tidur
  12. Mari kita amati bahan-bahan yang ada di dapur
  13. Ayo, berkeliling rumah. Ada benda apa saja ya?

Silahkan dipilih kegiatan mana yang lebih dulu akan dimainkan dalam minggu ini. Bunda bisa memilih satu kegiatan main untuk satu hari. Bila Ananda tidak tertarik, beri semangat mereka dan dorong dulu, namun bila ia menginginkan kegiatan lain, ikuti minatnya agar belajar melalui bermain di rumah menjadi menyenangkan. Tolong amati, foto dan atau rekam video kegiatan ananda, termasuk saat ia melakukan kegiatan rutinitas dan ibadah, lalu kirim ke whatsapp grup untuk catatan perkembangan ananda.