Kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Tutor Kesetaraan

Share Post :

Ditulis oleh : Junika Hotmaida Sinaga, SKM., M.Pd

Kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Pendidik Lainnya dilaksanakan  pada tanggal 11 s.d 15 November  2020 di BP PAUD Dan Dikmas Sumatera Utara Jalan Kenanga Raya Nomor 64 Tanjung Sari Medan yang bertujuan untuk membekali peserta dengan kemampuan implementasi dari penguatan karakter, transformasi merdeka belajar, pendidikan abad 21 dan pendidikan 4.0, pembelajaran melalui transformasi digital dan pembelajaran jarak jauh serta refleksi program PAUD dan Dikmas.

Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Pendidik Lainnya terbagi atas empat kegiatan yang meliputi Kegiatan Pendidik PAUD, Kegiatan Tutor Kesetaraan, Kegiatan Tutor Keaksaraan dan Kegiatan Pamong Belajar. Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Tutor Kesetaraan dilaksanakan di Aula Sigura-gura BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara dengan Narasumber Dr. Hj. Ulfa Maria, M.Pd dengan materi Kebijakan Daerah tentang Implementasi Program PAUD dan Dikmas, Dr. Paiman, MM dengan materi Kompetensi guru dan Kebijakan Direktorat P3GTK, Ir. Sarwo Edy, M.Pd  dengan materi Penguatan Pendidikan Karakter dan Profil, Dra. Ivo Yani, M.Pd dengan materi Transformasi Merdeka Belajar, Eliana Mainaria, M.Pd dengan materi Keterampilan Abad Ke-21 dan Pendidikan 4.0, Farida Hanum, S.Pd., M.Psi dengan materi Penguatan Kemampuan Refleksi melalui Pendekatan PDIA, Dra. Ivo Yani, M.Pd dan Farida Hanum, S.Pd., M.Psi dengan materi Penguatan Pengembangan Program Pembelajaran Jarak Jauh melalui Teknologi Digital, Ir.Sarwo Edy, M.Pd dan Eliana Mainaria, M.Pd dengan materi Penyusunan Action Plan.

Panitia dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Tutor Kesetaraan Tahun 2020 dibentuk berdasarkan SK Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara Nomor: 1336/C7.3/KP/2020 tanggal 02 November 2020.  Ketua Panitia Yanne Dian Sri Anggreini Samosir, SP., anggota, Junika Hotmaida Sinaga, SKM., M.Pd., Menda Apulina Br. Sitepu, S.Pd. dan Dwi Asnita. Peserta kegiatan untuk kelompok Tutor Kesetaraan berasal dari 5 kabupaten/kota yang terdiri dari 3 orang penilik Dinas Pendidikan Kota Medan, 4 orang penilik Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat, 7 orang Pengelola PKBM Kabupaten Serdang Bedagai, 13 orang Tutor Kesetaraan Kota Medan, 3 orang Tutor Kesetaraan Kabupaten Deli Serdang, 10 orang Tutor Kesetaan Kota Binjai maka keseluruhan peserta berjumlah 40 orang.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan   ini adalah agar seluruh pendidik lainnya yang meliputi Pendidik PAUD, Tutor Kesetaraan, Tutor Keaksaraan dan Pamong Belajar SKB mampu mengimplemetasikan penguatan karakter, pendidikan abad ke 21 dan pendidikan 4.0, implementasi program pembelajaran melalui transformasi digital dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) serta refleksi program sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Selain itu peserta juga diharapkan dapat melakukan pengimbasan pengetahuan/atau pengalaman dalam implementasi kompetensi pendidik lainnya melalui peniruan praktek-praktek baik dalam merencanakan, melaksanakan, menilai dan mengevaluasi pelaksanaan penguatan karakter, penddikan abad ke 21 dan pendidikan 4.0, serta menerapkan PJJ sesuai dengan tugasnya di lembaga masing-masing.