Momentum Kabupaten Asahan dalam Melaksanakan Sekolah Penggerak

Momentum Kabupaten Asahan dalam Melaksanakan Sekolah Penggerak

Ditulis oleh: Mefrida Harahap,  M.Pd

Bupati Kabupaten Asahan Bapak H. Surya, Bsc menandatangai  perjanjian kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI terkait “Program Sekolah Penggerak”.  Penandatanganan  dilaksanakan di Kantor Bupati  Asahan pada hari Selasa, 12 januari 2021 yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibu Dr. Hj. Ulfa Maria, M.Pd selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara  beserta jajarannya,  Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Asahan Bapak Sofian, M.Pd beserta jajarannya. Penandatangan ini  merupakan  momentum awal  bagi Kabupaten Asahan dalam kesiapan melaksanakan Program Sekolah Penggerak. Kabupaten Asahan merupakan salah satu dari enam Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang  terpilih untuk melaksanakan Program Sekolah Penggerak.  Provinsi Sumatera Utara hanya ada enam Kabupaten/Kota yang terpilih oleh Kemdikbud RI untuk melaksanakan Program Sekolah Penggerak yaitu Kab. Asahan, Kab. Batubara, Kab. Serdang Bedagai, Kab. Karo, Kab. Deliserdang dan Kota Medan.

Hal ini di sampaikan oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara sebelum kegiatan penandantanganan Mou. Lebih lanjut beliau menambahkan dalam melaksanakan kegiatan Program Sekolah Penggerak diperlukan komitmen dari Kepala Daerah  dimana isi komitmen tersebut yaitu tidak merotasi Kepala Sekolah, Guru dan Sumber Daya Manusia (SDM)  lainnya selama minimal empat tahun bagi Sekolah  Penggerak dan  memberikan dukungan dana untuk suksesnya Program Sekolah Penggerak.

Pelaksanaan Sekolah Penggerak nantinya diawali dengan peningkatan kompetensi Kepala Sekolah, Guru, Pengawas dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa dan mewujudkan Pelajar Pancasila. Penentuan Sekolah Penggerak nantinya melalui kolaborasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak dimulai pada Tahun Ajaran 2021/2022.  Diakhir kegiatan Bupati Kab. Asahan mengucapakan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah memilih  Kab. Asahan dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak dan secara pribadi Bupati Asahan mendukung dan berkomitmen sepenuhnya melaksanakan Program Sekolah Penggerak. Hal ini diungkapkan Bupati pada testimoni Sekolah Penggerak.