Unit Layanan Terpadu: “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Satuan PAUD dan Dikmas”

Unit Layanan Terpadu: “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Satuan PAUD dan Dikmas”

Kegiatan ULT Daring hari ini Selasa, 16 Maret 2021, mengangkat tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Satuan PAUD dan Dikmas” oleh Narasumber Dewi Gustini, S.Si selaku Widyaprada  BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara. Kegiatan ini diikuti oleh 51 peserta. Dalam kegiatan ini Narasumber menjelaskan terkait Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi serta Peran TIK dalam Pembelajaran juga memberikan contoh pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Satuan PAUD dan Dikmas.

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan menstransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Selanjutnya Narasumber menjelaskan mengapa TIK dibutuhkan dalam pembelajaran. TIK dibutuhkan dalam pembelajaran karena kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mengikuti perkembangan perangkat TIK. Mendukung pembelajaran abad 21. Kebutuhan guru/ tutor dalam membantu memperjelas materi pembelajaran yang disampaikan kepada peserta didik. Mendukung era revolusi industri 4.0. Mendukung penguatan program literasi dasar. Memenuhi kompetensi guru/ tutor.

Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dengan para peserta. Kegiatan ini dipandu oleh Flora Ginting, M.Pd sebagai moderator.