Kegiatan ULT Daring hari ini  Kamis,  22 April  2021, mengangkat tema “Waktu dalam perspektif pendidikan” oleh  Narasumber Salman Hasibuan, S.Pd., M.I.Kom selaku Widyaprada  BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara. Kegiatan ini diikuti 27 peserta.

Dalam kegiatan ini Narasumber menjelaskan mengenai waktu dalam perspektif pendidikan. Menurut Narasumber waktu merupakan konsep yang cukup kompleks untuk dipahami dan diterapkan dalam realitas hidup. Waktu juga dipandang sebagai entitas sakral baik secara dimensial dan multi dimensi. Narasumber menjelaskan waktu di dalam dimensi pendidikan dikonseptualisasikan sebagai sumber yang dapat diinvestasikan untuk meningkatkan pembelajaran. Gagasan efisiensi waktu yang berkembang di rumpun ekonomi turut diadopsi ke dalam konsep pendidikan yang dimulai dengan pandangan para cendekiawan untuk menyuarakan alokasi waktu yang lebih banyak bagi anak-anak untuk belajar di sekolah.

Narasumber juga menyampaikan alokasi waktu antara bermain dan belajar yaitu alokasi waktu bermain dan belajar anak baik di rumah dan di sekolah mengalami pergolakan di hampir seluruh bagian dunia. Anak-anak yang hidup hingga tahun 1980-an masih menikmati sekitar 40 persen waktu di sekolah yang bisa dimanfaatkan untuk bermain. Namun seiring tuntutan masyarakat akan akselerasi waktu, maka dimulai sejak tahun 1997 waktu bermain di sekolah mulai berkurang hingga 25 persen (Hirsh-Pasek, Golinkoff & Eyer, 2004). Pada bagian akhir Narasumber memaparkan mengenai perbedaan antara kuantitas waktu dan kualitas waktu.

Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dengan para peserta. Kegiatan ini dipandu oleh moderator Yuliana, S.Pd.

Bagikan Sekarang