Unit Layanan Terpadu: “Media Pembelajaran Interaktif Sederhana Menggunakan PowerPoint Bagi Guru PAUD”

Share Post :

Kegiatan ULT Daring hari Senin,  3 Mei  2021 mengangkat tema “Media Pembelajaran Interaktif Sederhana Menggunakan PowerPoint Bagi Guru PAUD” oleh  Narasumber Marsinta Romaito Sibagariang, S.Pd., M.Psi selaku Widyaprada  BP PAUD dan Dikmas Sumatera Utara. Kegiatan ini diikuti 50 peserta. Dalam kegiatan ini Narasumber menjelaskan mengenai Penggunaan aplikasi PowerPoint yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran sederhana bagi anak usia dini.

Penggunaan teknologi mobile mempunyai sumbangan besar dalam lembaga pendidikan, termasuk didalamnya adalah pencapaian tujuan pembelajaran jarak jauh. Berbagai media juga dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran secara daring. Misalnya kelas-kelas virtual menggunakan media pembelajaran powerpoint. PowerPoint  memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mengeksplor kreativitas yang dimilikinya seperti membuat gambar atau animasi, merekam suara, teks, dan warna.

Narasumber juga menjelaskan mengenai cara penggunaan aplikasi powerpoint ini melalui penjelasan dan praktek langsung. Pembelajaran media interaktif ini berguna bagi perkembangan anak usia dini baik perkembangan motorik, sosial emosi, seni, moral bahasa, dan kognitif. Dengan adanya pelatihan ini Narasumber berharap para peserta ULT yang terdiri dari para pendidik paud/LKP/SKB dan masyarakat umum dapat memanfaatkan aplikasi powerpoint secara maksimal sehingga dapat media pembelajaran menggunakan powerpoint.

Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dengan para peserta. Kegiatan ini dipandu oleh moderator Intan Pasaribu, S. Pd